PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (UREGENSI BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA DI INDONESIA)

  • Nginayatul Khasanah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: Bahasa Kedua, Urgensi, Pembelajaran

Abstract

Bahasa dan manusia bagaikan dua sisi mata uang yang apabila hilang salah satunya,
maka kehidupan ini tidak banyak memberi makna bagi dirinya dan orang lain.
Urgensi suatu bahasa dapat dilihat dari fungsinya sebagai ideational, interpersonal,
social, dan textual. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa komunikasi dunia dan
juga bahasa Agama. Kaitannya dengan bahasa Agama, Indonesia sebagai salah satu
Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam menggunakan bahasa Arab
sebagai bahasa kedua. Sebagai bahasa kedua pembelajaran bahasa Arab di Indonesia
masih menemukan berbagai problematika. Banyak pembaharuuan dan solusi
untuk mengatasinya diantaranya dengan menetapkan tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran serta pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi
pelajar Indonesia.

Published
2016-12-10
How to Cite
Khasanah, N. (2016). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (UREGENSI BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA DI INDONESIA). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39-54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16
Section
Articles