TANTANGAN DAN PELUANG LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

  • M Hidayat Ginanjar hidayatginanjar@gmail.com
Keywords: Globalisasi, Peluang, Tantangan, Pendidikan

Abstract

Era MEA membawa pengaruh besar, karena di era ini, semua informasi dapat dengan
mudah didapatkan dalam segala hal terutama kemajuan teknologi informasi yang
semakin canggih. Kemajuan-kemajuan teknologi informasi itu cenderung mengubah
pola pikir, gaya hidup dan budaya masyarakat maupun bangsa. Dalam situasi dan
keadaan ini, pendidikan sebagai media efektif dalam transformasi atau mengkontruksi
manusia seutuhnya tidak terkecuali lembaga-lembaga pendidikan yang ada di
Indonesia, juga dimungkinkan berorientasi pragmatisme yang mengarahkan pada
peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Ini menunjukkan betapa
pentingnya peranan pendidikan dalam membangun SDM dan pengembangan
karakter bangsa. Peluang globalisasi pada dunia pendidikan mendatangkan kemajuan
yang sangat cepat, yakni munculnya beragam sumber belajar dan merebaknya media
sosial, khususnya internet dan media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan. Disinilah pentingnya optimalisasi peran pendidikan, khususnya para
guru yang berkecimpung pada sekolah keagamaan atau sekolah yang dikelola oleh
Organisasi Keagamaan, harus mengambil perhatian masalah ini dan mencari cara-cara
pemecahannya. Lembaga Pendidikan harus menjadi benteng terakhir yang berperan
membendung dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
yang semakin cepat.

Published
2016-12-10
How to Cite
Ginanjar, M. (2016). TANTANGAN DAN PELUANG LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 107-124. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.14
Section
Articles