Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis pada Kedai Olan’Z Food ditinjau dari aspek pemasaran dan keuangannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan secara kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada Kedai Olan’Z Food. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan narasumber yang berkaitan dengan Kedai Olan’Z Food, yaitu owner dan pelanggan.
Hasil analisis kelayakan bisnis dari aspek pemasaran dikatakan layak yaitu produk yang telah memiliki merek, nama yang menarik, dan menciptakan kemasan. Harga yang terjangkau, memiliki lokasi strategis dan kemudahan distribusi, serta promosi yang menarik. Analisis kelayakan bisnis dari aspek keuangan menghasilkan bahwa modal berasal dari modal pemilik dan menghasilkan Payback Period (PP) selama 2 bulan 7 minggu.