Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kota Kendari
(Studi Kasus PT. Jamkrindo Cabang Kendari)
Abstract
Pelayanan jasa merupakan kegiatan ekonomi yang terdapat interaksi antara konsumen atau barang-barang milik, namun kepemilikan atas barang tersebut tidak berpindah. Pelayanan pada dasarnya merupakan aktivitas individu atau kelompok yang ditawarkan kepada konsumen untuk menggunakan pelayanannya yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Penjaminan merupakan aktivitas pemberian jaminan oleh pihak penjamin atas pemenuhan kebutuhan atau kewajiban finansial terjamin kepada penerima jaminan. Perusahaan penjaminan adalah badan hukum yang bergerak dibidang keuangan dengan kegiatan usaha utama yaitu melakukan penjaminan. Salah satu perusahaan penjaminan yaitu PT. Jaminan Kredit Indonesia atau PT. JAMKRINDO. Peneliti merasa tertarik dan ingin mengetahui pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan penjaminan terhadap kepuasan masyarakat kota Kendari khususnya pengguna jasa PT. JAMKRINDO Cabang Kendari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat kota Kendari yang menggunakan jasa PT. JAMKRINDO Cabang Kendari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan membagikan kuisioner yang diberikan kepada sampel dari populasi pengguna jasa PT. JAMKRINDO Cabang Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang terdiri dari Indikator yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hal tersebut diketahui dengan hasil Uji t yaitu indikator mempunyai nilai Thitung > Ttabel (2) Kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini diketahui dari uji F yang memiliki nilai mempengaruhi kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 69,9%