Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kota Kendari

(Studi Kasus PT. Jamkrindo Cabang Kendari)

  • Kiki Novita Sari Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Muhammad Kabir Rifa Institut Agama Islam Negeri Kendari
Keywords: Service Quality, Guarantee, Community Satisfaction, Service Quality, Guarantee, Community Satisfaction

Abstract

Pelayanan jasa merupakan kegiatan ekonomi yang terdapat interaksi antara konsumen atau barang-barang milik, namun kepemilikan atas barang tersebut tidak berpindah. Pelayanan pada dasarnya merupakan aktivitas individu atau kelompok yang ditawarkan kepada konsumen untuk menggunakan pelayanannya yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Penjaminan merupakan aktivitas pemberian jaminan oleh pihak penjamin atas pemenuhan kebutuhan atau kewajiban finansial terjamin kepada penerima jaminan. Perusahaan penjaminan adalah badan hukum yang bergerak dibidang keuangan dengan kegiatan usaha utama yaitu melakukan penjaminan. Salah satu perusahaan penjaminan yaitu PT. Jaminan Kredit Indonesia atau PT. JAMKRINDO. Peneliti merasa tertarik dan ingin mengetahui pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan penjaminan terhadap kepuasan masyarakat kota Kendari khususnya pengguna  jasa  PT.  JAMKRINDO Cabang Kendari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat kota Kendari yang menggunakan jasa PT. JAMKRINDO Cabang Kendari. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik yang dilakukan untuk  mengumpulkan  data  dalam  penelitian  ini  dengan  membagikan kuisioner yang diberikan kepada sampel dari populasi pengguna jasa PT. JAMKRINDO Cabang Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini  adalah  (1)  Kualitas  pelayanan  secara  parsial  memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat  yang terdiri dari  Indikator  yaitu bukti  fisik,  keandalan,  daya  tanggap,  jaminan,  dan  empati.  Hal tersebut diketahui dengan hasil Uji t yaitu indikator mempunyai nilai Thitung > Ttabel (2) Kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini diketahui dari uji F yang memiliki nilai mempengaruhi kepuasan masyarakat. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 69,9%

Published
2023-06-25
How to Cite
Sari, K., & Rifa, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kota Kendari. LABATILA : Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 7(01), 41-54. https://doi.org/10.33507/lab.v7i01.1196
Section
Articles