PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS V DI MADRASAH IBTIDA’IYAH SALAFIYAH GRINGSING

  • Fatih Mubarok Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Fitria Martanti Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Imam Khoirul Ulumuddin Universitas Wahid Hasyim Semarang

Abstract

Kurangnya minat siswa untuk mempelajari ilmu Tajwid menjadi salah satu alasan mengapa ilmu Tajwid kurang populer, hal ini karena sumber materi ilmu Tajwid yang masih disajikan dalam bentuk buku teks biasa. Media Pembelajaran Permainan Monopoli adalah media pembelajaran yang digunakan pengajar untuk menyampaikan sebuah materi, media pembelajaran Permainan Monopoli sendiri merupakan sebuah permainan yang digunakan untuk menunjang pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana media permainan monopoli hipotetik dalam materi Tajwid pada kelas V MI Salafiyah Gringsing Kabupaten Batang? (2) bagaimana kevalidan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid kelas V (3) bagaimana kepraktisan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid bagi siswa kelas V di MI Gringsing Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) media permainan monopoli hipotetik dalam materi Tajwid pada kelas V (2)kevalidan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid kelas V (3) kepraktisan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid bagi siswa kelas V di MI Salafiyah Gringsing Kabupaten Batang Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) validasi Ahli Materi dan Ahli Media sebagai berikut: yang pertama oleh Ahli Materi meliputi Aspek Pembejaran mendapat persentase 96% kategori sangat baik, aspek isi mendapat persentase 96%  kategori sangat baik, aspek evaluasi mendapat persentase 96% kategori baik, mendapat persentase rata-rata 96% dengan kategori baik, kedua oleh Ahli Media meliputi aspek Tampilan mendapat persentase 98% kategori sangat baik, aspek pemakaian mendapat persentase 96% dengan kategori sangat baik, mendapat persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat baik. (2) hasil uji coba untuk menilai dari kepraktisan mendapat rerata penilaian 3,5 mendapat penilaian baik atau praktis.

Published
2022-06-27
How to Cite
Mubarok, F., Martanti, F., & Ulumuddin, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS V DI MADRASAH IBTIDA’IYAH SALAFIYAH GRINGSING. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 30-39. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.548
Section
Articles