Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah <p>Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam is published to spur creativity and the development of Islamic Education in a sustainable manner. The Editorial Board accepts writings from various groups concerned with education, especially Islamic education which discuss issues or studies relevant to Islam that are innovative and provide lessons for efforts to develop Islamic Education.</p> en-US redaksijurnalarrilah@gmail.com (Ar-rihlah) redaksijurnalarrilah@gmail.com (Aagus Salim Chmaidi) Tue, 18 Jun 2024 21:51:58 +0700 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERKUALITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NU 1 TUNJUNGMULI https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1981 <p><em>This research aims to describe the planning, organization, implementation and control of human resources in realizing quality learning at the MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli. The approach used in this research is descriptive qualitative. The research location is at the MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli. In this research, the research subjects were the foundation chairs, boarding school leaders, all teachers, and madrasa committees. Research data was collected through in-depth interviews, participant observation, and document analysis. This research data was analyzed using interactive analysis techniques developed by Miles &amp; Huberman, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show: (1) human resource planning in realizing quality learning at MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli is carried out at the beginning of every year, always making a list of educators for the students; (2) organizing human resources in realizing quality learning at MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli is carried out by holding meetings with educators, without any educational organization; (3) the implementation of human resources in realizing quality learning at MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli has gone well because it is a routine; and (4) control of human resources in realizing quality learning at MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli can be said to be quite good, control is also carried out by evaluating the human resources of the madrasa.&nbsp; </em></p> Fadlun , ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1981 Tue, 18 Jun 2024 21:50:52 +0700 STRATEGI PENGELOLAAN SDM BERKUALITAS DALAM UPAYA OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DI MI MA’ARIF NU 1 KARANGGAMBAS https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1982 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan SDM berkualitas dalam upaya optimalisasi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah pengawas madrasah, kepala madrasah, para guru, dan karyawan, serta komite madrasah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles &amp; Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi perencanaan sumber daya manusia berkualitas dalam upaya optimalisasi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas dilakukan setiap awal tahun selalu membuat susunan pendidik untuk para siswa; (2) strategi pengorganisasian sumber daya manusia berkualitas dalam upaya optimalisasi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas dilakukan dengan mengadakan kumpulan (rapat) dengan para pendidik, tanpa ada organisasi pendidik; (3) pelaksanaan sumber daya manusia berkualitas dalam upaya optimalisasi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas sudah berjalan baik karena merupakan sebuah rutinitas; dan (4) pengendalian sumber daya manusia berkualitas dalam upaya optimalisasi proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 1 Karanggambas dapat dikatakan cukup baik, pengendalian juga dilakukan dengan melakukan evaluasi SDM madrasah.</p> <p>&nbsp;</p> Siti Honiah Mujiati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1982 Tue, 18 Jun 2024 22:13:14 +0700 KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1983 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan kepala madrasah dalam mengelola perubahan dan pengembangan pembelajaran; serta faktor pendukung kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara. Dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian kepala madrasah, para guru, wali siswa, dan komite madrasah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles &amp; Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan kepala MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara dalam mengelola perubahan dan pengembangan madrasah yaitu peka terhadap perubahan; tidak cepat merasa puas; mampu mencari peluang; memiliki semangat perubahan; memperbaiki pengelolaan pembelajaran; meningkatkan profesionalisme guru; dan meningkatkan pelayanan madrasah. (2) faktor pendukung kepala MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin perubahan yaitu lingkungan madrasah yang strategis; peran serta orang tua/wali siswa yang baik; memiliki sumber daya manusia pendidikan yang kompeten; dan budaya madrasah yang mendukung efektivitas kerja.</p> Suprihatin , ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1983 Tue, 18 Jun 2024 22:22:02 +0700 STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGULAN DI MI YA BAKII KESUGIHAN 01 CILACAP https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1984 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan kepala madrasah dalam membawa kesuksesan dan keunggulan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi penerapan gaya kepemimpinan yang dapat membawa perubahan; strategi penerapan nilai-nilai yang dapat membawa kesuksesan kepemimpinan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap. Dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian kepala madrasah, para guru, wali siswa, dan komite madrasah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles &amp; Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Salah satu gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap yaitu gaya kepemimpinan kolektif-kolegial, dimana dalam pengambilan keputusan dilakukan secara bersama-sama (kolektif) dan bersifat kekeluargaan (kolegial). Selanjutnya, gaya kepemimpinan lain yang juga diterapkan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, tidak otoriter, tidak juga <em>laissez-faire</em>, tetapi seperti gaya kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, <em>ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.</em> (2) Nilai-nilai yang dapat membawa kesuksesan kepemimpinan di MI Ya BAKII Kesugihan 01 Cilacap antara lain memahami organisasi yang dipimpinnya; rendah hati dan sederhana; sabar dan memiliki kestabilan emosi; percaya kepada bawahan dan dapat dipercaya bawahan; bersifat suka menolong; jujur dan adil; berjuang, berkorban, taat, dan loyal terhadap organisasi/madrasah; menjalin kebersamaan yang harmonis dengan seluruh warga madrasah; memberikan pencerahan; semangat <em>tajdid</em>; dan mengembangkan <em>ijtihad</em>; serta menyeimbangkan ilmu dan amal.&nbsp;</p> Sakiyem , ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1984 Tue, 18 Jun 2024 22:31:33 +0700 PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERNUANSA ISLAMI PADA MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1956 <p><span style="font-weight: 400;">With the rapid development of technology, learning complex analysis has become increasingly important in keeping up with technological advancements, yet it is often overlooked. Therefore, interactive learning media such as videos integrated with artificial intelligence are needed to visualize theoretical material. This research aims to (1) describe the design of instructional videos, (2) explain the quality and validity of the development of instructional videos by experts and product trials, and (3) evaluate the effectiveness of instructional videos. The analysis used is qualitative descriptive analysis. This research employs the Research and Development (R&amp;D) method with the ADDIE model, involving five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instructional videos on complex analysis are deemed valid by media experts, with the product receiving favorable ratings in terms of appearance (85%), ease of use (65%), and material presentation (70%). Based on expert assessments of the content, the product is also rated well in terms of suitability (55%) and material coherence (85%). Meanwhile, assessments by language experts indicate high language appropriateness (90%), along with favorable ratings in audio pronunciation accuracy (70%) and language selection (80%). From the validation results and expert assessments, as well as trials with small and large groups, it can be concluded that the development of AI-based videos for complex analysis courses is suitable for use.</span></p> M. Khusnun Ni'am, Ikhwan Saputra, Zuhrotun Nisa, Umi Mahmudah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1956 Tue, 18 Jun 2024 00:00:00 +0700 STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA (IAINU) KEBUMEN https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1985 <p>Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan tentang strategi pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, pada bulan September 2023 sampai dengan Februari 2024. Informan dalam penelitian adalah ketua program studi, dosen, dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles &amp; Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi perencanaan pembelajaran dilakukan oleh para dosen dengan membuat silabus dan rencana pembelajaran semester, serta menyusun materi pembelajaran. (2) strategi pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh para dosen meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir/penutup. Dosen menerapkan berbagai model, metode, strategi pembelajaran yang variatif, selain itu juga menggunakan media pembelajaran yang tepat guna. (3) strategi evaluasi pembelajaran dilakukan oleh dosen dengan melakukan sistem penilaian proses dan hasil, yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Ketua program studi juga melakukan supervisi akademik secara berkala untuk membantu peningkatan kinerja dosen dalam proses pembelajaran.</p> Eliyanto , ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/1985 Tue, 18 Jun 2024 22:49:53 +0700