KORELASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

  • Akhsin Ridho FTIK Institut Agama Islam Negeri Jember
Keywords: Model Pembelajaran, Course Review Horay, Interaksi Sosial dan Komunikasi Verbal

Abstract

Model pembelajarannya sangat beragam, termasuk Course Review Horay. CRH digunakan sebagai variabel utama dalam penelitian karakter pada anak usia anak di tingkat pendidikan dasar. Sampel dari populasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Guwa Lor dengan menggunakan teknik cluster random sampling termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif fase Freidrich Herbart dan menggunakan metode penelitian desain kuasi-eksperimental yang merupakan bagian dari pengembangan desain eksperimental yang benar. Desain kontrol posttest-only menggunakan wawancara, studi kasus, dan metode tes di kelas 5 dan 6. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (a). Perubahan karakter pada siswa, terutama kemampuan berkomunikasi secara efektif semakin baik dan meningkat. (b). Mampu memotivasi kemampuan tersembunyi siswa yang diam karena beberapa hal mulai mengeksplorasi kemampuannya. (c). Mampu Meningkatkan interaksi sosial siswa dengan teman sebayanya. (d). Dorong kegiatan belajar siswa lebih aktif dan dinamis seiring dengan meningkatnya komunikasi verbal siswa antara guru, siswa, dan teman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-19
How to Cite
Ridho, A. (2018). KORELASI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 70-80. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/70
Section
Articles