Abstract

Pendidikan dilaksanakan untuk menggali dan kemudian mengembangkan aneka
kompetensi yang telah ada pada diri masing-masing peserta didik, kompetensi
tersebut meliputi kemampuan dalam bidang keilmuan, sikap dan keterampilan.
Ketiga kompetensi ini seyogyanya dikembangkan secara maksimal dan seimbang
baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun dalam pelaksanaan penilaian/
evaluasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penilaian ranah afektif
cenderung lebih sulit dilaksanakan dan dikembangkan, lain halnya dengan
kompetensi kognitif dan psikomotorik yang sudah sangat lazim dilakukan oleh
pendidik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membantu mencarikan
solusi atas problematika penilaian afektif yang selama ini cenderung stagnan.
Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menjadikan Permendikbud
Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian serta Peraturan Presiden
Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan
Karakter sebagai sumber data primer dan didukung oleh beberapa literatur
pendukung lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah afektif
peserta didik harus dilakukan secara menyeluruh baik ketika berada di lingkungan
sekolah, keluarga atau lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal. Penilaian ini
dilakukan dengan cara mengamati perilaku peserta didik dan perilaku yang
diamati tersebut merupakan nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditetapkan
dalan Keputusan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan
Karakter. Adapun nilai-nilai tersebut meliputi religius, jujur, toleran, disiplin,
kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan,
cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab. Nilai-nilai inilah yang
diamati dan kemudian dikonversi menjadi nilai akhir peserta didik pada aspek
afektif/sikap peserta didik yang dituangkan dalam bentuk nilai Sangat Baik, Baik,
Cukup dan Kurang.