PRINSIP PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Fibriyan Irodati . IAINU Kebumen

Abstract

Setiap guru diharapkan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa ke dalam mata pelajaran yang diampu, dimana proses integrasi telah digariskan dalam desain induk pendidikan karakter kementerian pendidikan nasional, yang juga menekankan pada mengkarakterkan dokumen mulai dari analisis sk-kd dari standar isi yang dikembangkan ke dalam silabus dan RPP. Namun perlu dipertanyakan apakah para guru yang berperan dalam mengintegrasikan karakter dalam pelajarannya telah memiliki pemahaman terhadap karakter? Disinilah prinsip pengembangan RPP berbasis karakter mengambil peran penting untuk implementasi niai-nilai budaya dan karakter bangsa di pendidikan karakter sekarang ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan prinsip pengembangan RPP berbasis karakter dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu RPP harus dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik, menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan, memerhatikan materi yang dijadikan bahan kajian serta harus ada koordinasi antarkomponen pelaksana program di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-05
How to Cite
Irodati ., F. (2020). PRINSIP PENGEMBANGAN RPP BERBASIS KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 5(1), 137-145. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v5i1.290
Section
Articles