Abstract

Pemanfaatan aplikasi komputer dalam dunia pendidikan dapat membantu mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan lebih berkesan dan bermakna. Tulisan ini berupaya menjawab tiga permasalah: Kompetensi yang diperlukan untuk analisis instrument penilain, Aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu analisis instrument penilaian. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif komparatif Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi dokumentasi dan uji praktik aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi yang wajib dimiliki dalam melakukan analisis instrument penilaian adalah kompetensi menentukan tingkat kesukaran, daya beda, keberfungsian alternatif pilihan jawaban, omit, validitas dan reliabilitas, (2) Aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk analisis instrument penilaian ialah Iteman, Anates, Anbuso, Anajohn, dan SPSS, (3) Perbandingan masing-masing aplikasi meliputi aspek cara operasional, tampilan data hasil perhitungan, skor, fasilitas yang dimiliki, kelebihan dan kekurangan aplikasi.


Kata Kunci: Kompetensi, aplikasi, komparasi