PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH, DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN

  • Kismiyati . MI Roudlotul Huda Kutoarjo

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan mutu pembelajaran yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah, dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru di SMK Ma’arif 9 Kebumen, yaitu sebanyak 21 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Supervisi Akademik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,048 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,191 atau berkontribusi sebesar 19,1%. (2) Budaya Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,007 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,324 atau berkontribusi sebesar 32,4%. (3) Kinerja Guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,668 atau berkontribusi sebesar 66,8%. (4) Supervisi Akademik, Budaya Sekolah, dan Kinerja Guru secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Mutu Pembelajaran di SMK Ma’arif 9 Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,673 atau berkontribusi sebesar 67,3%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-04
How to Cite
., K. (2020). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA SEKOLAH, DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 5(1), 46-61. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v5i1.201
Section
Articles