MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN BAGI GENERASI ALPHA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ANAK YANBU’UL QUR’AN TERSOBO PREMBUN KEBUMEN

  • Sulis Rokhmawanto Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Imam Subarkah IAINU Kebumen
Keywords: Manajemen, Kurikulum, Tahfidzul Qur’an, Generasi Alpha

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegelisahan penulis terhadap marak berdirinya
program tahfidz anak yang semakin ramai belakangan ini dan menarik simpatik umat Islam
untuk menghafidzkan anak-anaknya. Penelitian ini akan membahas Manajemen
Kurikulum Tahfidzul Qur’an Bagi Generasi Alpha Ponpes Tahfidz Anak Yanbu’ul Qur’an
Tersobo Prembun. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus implementasi
Manajemen Kurikulum Tahfidz Anak Bagi Generasi Alpha Ponpes Tahfidz Anak Yanbu’ul
Qur’an Tersobo Prembun. Pengasuh pengurus dan santri sebagai subjek penelitian. Teknik
pengumpalan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis
dengan model pencatatan data, reduksi data, display data, diakhiri penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian bahwa: Pertama,perencanaan manajemen kurikulum tahfidzul Qur’an
meliputi penentuan tujuan,metode, materi, media dan perencanaan evaluasi.Kedua,
pengorganisasian manajemen kurikulum tahfidzul Qur’an berupa pengaturan
programkegiatan, jadwal kegiatan dandilaksanakan sesuai ketentuan. Ketiga, pelaksanaan
manajemen kurikulum dijalankan dengan mengintegrasikan secara visual dan non visual,
yaitu menggabungkan antara hafalan Al-Qur’an, kajian kitab, penguatan Ahlusunnah wal
jamaah, pendidikan formal dan lingkungan sosial (budaya/cultur). Keempat, evaluasi
manajemen kurikulum tahfidzul Qur’an dilakukan dengan evaluasi harian yaitu
pembimbingmelakukan pengujian terhadap setoran hafalan santri, evaluasi bulanan yaitu
bersamaan dengan kegiatan sambangan orang tua wali menyimak hafalan santri, Evaluasi
tahunan yaitu evaluasi tahap akhir setelah santri sudah hafal 30 juzz yaitu khotmil Qur’an
bilghaib.

References

Ahmad Bahruddin, dkk., Pendidikan yang Memerdekakan, cet. I,(Yogyakarta:
Dialektika, 2018)
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani rohani dan kalbu memanusiakan
manusia, (Bandung: Remaja RosdaKarya, 2016)
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
2010)
Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang sosial, (Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press, 2015)
Imam Satibi, Manajemen Stratejik : Pengembangan Unggulan Vocational School, cet. I,
(Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 2016)
Lexy J. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Muhamad Ali Anwar, Manajemen Kelembagaan Pondok Pesantren: Strategi dan
Pengembangan ditengah modernisasi pendidikan, (Yogayakarta: Pustaka Ilmu, 2017)
Muhamad Ali Anwar, Manajemen Kelembagaan Pondok Pesantren: Strategi dan
Pengembangan ditengah modernisasi pendidikan, (Yogayakarta: Pustaka Ilmu, 2017)
Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi,
(Jakarta: Erlangga, 2005)
Published
2019-05-06
How to Cite
Rokhmawanto, S., & Subarkah, I. (2019). MANAJEMEN KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN BAGI GENERASI ALPHA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ANAK YANBU’UL QUR’AN TERSOBO PREMBUN KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 32-43. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v6i2.339
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3