Pendidikan Agama Islam STUDI KORELATIF PENGALAMAN GURU MENGIKUTI DIKLAT TERHADAP KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2021

  • Imam Subarkah IAINU Kebumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengalaman guru MTs Negeri 1 setelah mengikuti diklat (2) mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas di MTs Negeri 1 Kebumen (3) mengetahui apakah ada korelasi pengalaman guru mengikuti diklat terhadap kemampuan pengelolaan kelas di MTs Negeri 1 Kebumen.

Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena responden hanya berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Kebumen. Populasi penelitian ini adalah guru MTs Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 40. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, teknik analisis data menggunakan korelasi. Analisa data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, analisis korelasi product moment.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengalaman guru MTs Negeri 1 Kebumen mengikuti diklat termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 25,82 yaitu pada interval 24-28. (2) Pengelolaan Kelas di MTs Negeri 1 Kebumen termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 34,1yaitu pada interval 32-37. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan ada korelasi pengalaman guru mengikuti diklat dengan kemampuan pengelolaan kelas di MTs Negeri 1 Kebumen yang positif dan signifikan sebesar 0,429. Karena r hitung (rxy= 0,429) lebih besar dari pada rtabel baik pada sigifikasi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%.

 

Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Pengelolaan Kelas.

Published
2022-01-16
How to Cite
Subarkah, I. (2022). Pendidikan Agama Islam STUDI KORELATIF PENGALAMAN GURU MENGIKUTI DIKLAT TERHADAP KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2021. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 33-43. https://doi.org/10.33507/.v1i1.307
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>