Pengaruh Penentuan Harga Jual Cost Plus Pricing Terhadap Laba Perusahaan

(Studi PT. Mesana Aneka Satwa Jakarta)

  • Siti Ngatikoh
Keywords: biaya produksi, penentuan harga jual, laba perusahaan

Abstract

Dalam dunia usaha agar tetap survive dan terus berkembang salah satu peran penting adalah membuat keputusan mengenai penentuan harga jual produk dimana harus memperhatikan keadaan pasar dan pemberian layanan dengan startegi pemasaran yang terbaik kepada konsumen. Persaingan yang cukup ketat dipasar dan kekuatan serta keunggulan produk menjadi daya saing tersendiri yang harus terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya dari produk sejenis yang telah berada dipasaran. Penentuan harga yang lebih rendah dari pesaing akan mempunyai pengaruh cukup besar terhadap permintaan produk tersebut dan sebaliknya. Sehingga hal tersebut pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada total pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Dalam mengambil keputusan termasuk mengadakan perubahan harga, perusahaan harus terlebih dahulu membuat evaluasi mengenai biaya produksi, kondisi pasar termasuk peran promosi dalam meningkatkan voume penjualan. Dan dalam membuat kebijakan harga haruslah memperhitungkan keuntungan serta kerugian atas keputusan yang diambil, dengan terlebih dahulu membuat analisa mengenai pengaruh penentuan harga jual terhadap laba perusahaan.

Published
2019-01-02
How to Cite
Ngatikoh, S. (2019). Pengaruh Penentuan Harga Jual Cost Plus Pricing Terhadap Laba Perusahaan. LABATILA : Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 1(01), 62 - 73. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/lab/article/view/60
Section
Articles