EFEKTIFITAS PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BAZNAS KABUPATEN KEBUMEN TERHADAP PERUBAHAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK

  • laba tila
  • Nur Iman Hakim Al Faqih
  • Umi Fajar Madani Masitoh

Abstract

Masalah kemiskinan menjadi hal yang perlu diperhatikan terutama di Kota Kebumen. Memang kemiskinan tidak dapat dihilangkan tapi setidaknya bisa diminimalisir. Salah satu instrumen untuk mengurangi kemiskinan yaitu dengan zakat. Adanya penyaluran/ pentashorufan dana zakat produktif diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap rumah tangga mustahik.

Penellitian dilakukan di BAZNAS Kabupaten Kebumen dengan subjeknya para mustahik dalam program Kebumen Makmur. Metode yang digunakan kuesioner, observasi, dokumentasi serta wawancara terkait data yang membutuhkan penjelasan. Analisis data menggunakan model CIBEST dan uji statistik. Tujuannya untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari dana zakat produktif terhadap kondisi rumah tangga mustahik dari sisi material juga spiritual.

Berdasarkan uji statistik yang dilakukan dana zakat produktif mempengaruhi pendapatan mustahik sebesar 39,3 persen dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dengan model CIBEST, Indeks Kemiskinan Islami menunjukkan dana zakat produktif mampu menaikkan kesejahteraan rumah tangga mustahik sebesar 0,02 persen dan menurunkan kemiskinan sebesar (0,019) persen. Adapun mustahik di Kabupaten Kebumen tidak ada yang miskin spiritual namun dengan adanya dana zakat produktif sedikit menambah sisi spiritualnya dalam hal berinfak dan berbagi. Hal ini berarti bahwa dana zakat produktif memberikan pengaruh atau dampak yang positif.

Published
2020-12-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>