IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini fokus pada kajian kritis Pendidikan Dasar dalam dinamika pembelajaran anak-anak di tingkat sekolah Madrasah Ibtidaiyah / sekolah dasar Islam). </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Selain itu fokus pada pengembangan studi masalah pendidikan dasar.&nbsp;</span></span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Ibtida adalah Jurnal yang diterbitkan secara ilmiah yang diterbitkan </span></span><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAINU Kebumen Fakultas Tarbiyah. </span></span></strong></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Redaksi menerima tulisan tentang kajian Pendidikan Dasar dalam artikel ilmiah, hasil penelitian. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Panjang tulisan maksimal 20 halaman, minimal 15 halaman, font font spasi A4 A4 spasi, dikirim dalam bentuk&nbsp; </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">file format, doc. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">,&nbsp;</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dengan&nbsp; </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">menyimpan Word 2007-3003</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> .</span></span></span></span></p> <p>&nbsp;</p> en-US redaksijurnalibtida@gmail.com (Bahrun Ali Murtopo) bahrunalimurtopo@gmail.com (Bahrun ALi Murtopo) Sat, 04 Jan 2020 08:08:06 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MI GUPPI AT-TAQWA KETOSARI, BENER, PURWOREJO http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/191 Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan generasi muda yang berakhlakul karimah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Berakhlakul Karimah di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan lima kesimpulan: (1) Penanaman nilai-nilai dan moralitas di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo sesuai dengan visi, misi madrasah, dimana kepala madrasah bertanggung jawab dalam merencanakan pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di MI Guppi Attaqwa Ketosari Bener Purworejo meliputi: (a) karakter relegius, (b) karakter kejujuran, (c) karakter kerja keras, (d) karakter cerdas, (e) karakter peduli. (2) Pemodelan nilai-nilai dan moralitas di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo dilaksanakan secara bermacam-macam sesuai dengan gaya guru masing-masing, tetapi tujuanya tetap sama yaitu membentuk karakter peserta didik yang baik. Diantara pemodelan nilai-nilai dan moralitas yang diterapkan di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari yaitu memberikan contoh yang baik pada peserta didik, melalui pendekatan komprehensif yaitu cara untuk mengatasi suatu masalah. (3) Memfasilitasi nilai-nilai dan moralitas yang dilakukan di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo meliputi kegiatan meningkatkan hubungan pendidik dengan peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat, memberikan motivasi kepada peserta didik. (4) Ketrampilan untuk pengembangan nila dan leterasi moral di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo yaitu: (a) keterampilan berpikir kritis, (b) keterampilan berpikir kreatif, (c) keterampilan berkomunikasi secara jelas, (d) keterampilan menyimak. (5) Mengembangkan program pendidikan nilai di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Bener Purworejo yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari, bulanan, maupun tahunan. Diantara kegiatan tersebut adalah salat berjamaah, salat dhuha, hafalan surah-surah pendek, hafalan asmaul husan, hafalan tahlil, tahlilan, tadarus, ziarah kubur, menyantuni anak yatim, membagikan sembako pada fakir miskin, dan masih banyak lagi kegitan-kegiatan lainnya. Eliyanto ., Siti Sulaimah, Dian Inugrah Wijayanti ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/191 Sun, 05 Jan 2020 10:42:49 +0000 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN SUASANA RELIGIUS DI MI GUPPI AT-TAQWA KETOSARI KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/192 ABSTRAK Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam suatu madrasah.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI GUPPI AT-TAQWA Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan lima kesimpulan: (1) Penarikan SDM dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI Guppi At-Taqwa Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo belum maksimal. Dalam merekrut tenaga pendidikan masih menggunakan cara-cara sederhana dan masih menggunakan cara-cara lama. (2) Seleksi SDM dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI Guppi At-Taqwa Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo dilakukan melalui: Penerimaan pendahuluan pelamar, Tes-tes penerimaan, Wawancara seleksi, Pemeriksaan referensi, dan Evaluasi medis, Wawancara atasan langsung, dan Keputusan penerimaan. (3) Pengembangan SDM dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI Guppi At-Taqwa Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan untuk senantiasa belajar dan mengembangkan kompetensi diri madrasah. Selain itu juga melalui: Penilaian prestasi kerja, Bimbingan dan konseling, Pembinaan kedisiplinan, dan Pelatihan. (4) Pemeliharaan SDM dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI Guppi At-Taqwa Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo dilakukan melalui beberapa hal, di antaranya yaitu: pemberian kompensasi, pelayanan karyawan, keamanan dan keselamatan. Itu semua diperhatikan oleh madrasah guna pemeliharaan hubungan kerja yang baik.(5) Penggunaan SDM dalam Meningkatkan Motivasi dan Suasana Religius di MI Guppi At-Taqwa Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejodi antaranya: Perencanaan karir dan Perluasan pekerjaan. Selain itu juga dengan memberikan peluang seluas-luasnya kepada karyawan untuk mengembangkan berbagai macam karier untuk mencapai rencana-rencana mereka untuk lebih maju dan bisa bersaing di masa yang akan datang. Yakino ., Siti Nurlailiyah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/192 Sun, 05 Jan 2020 10:44:42 +0000 PENGARUH MOTIVASI, GAYA BELAJAR, DAN SUASANA RELIGIUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURWOREJO http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/193 Penelitian ini didasari oleh pentingnya prestasi beelajar peserta didik.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar, dan Suasana Religius terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MIN 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MIN 3 Purworejo, sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VI di MIN 3 Purworejo yang berjumlah40 orang.Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Motivasimemiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,038< α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,108 atau berkontribusi sebesar 10,8%. (2) Gaya belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,017<α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,141 atau berkontribusi sebesar 14,1%. (3) Suasana religius memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,000< α = 0,05. Adapun nilaikoefisien korelasi (r2) = 0,000 atau berkontribusi sebesar 00,0%. (4) Motivasi, gaya belajar, dan suasana religius secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,045< α = 0,05. Adapun nilaikoefisien korelasi (R2) = 0,198 atau berkontribusi sebesar 19,8%. Suharti ,, Zakiyah , ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/193 Sun, 05 Jan 2020 10:45:29 +0000 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI ISLAMIYAH WARENG, BUTUH, PURWOREJO, JAWA TENGAH http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/194 Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di mi islamiyah wareng, butuh, purworejo, jawa tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,866 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,003 atau hanya berkontribusi sebesar 0,3%. (2) Budaya Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,01 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,503 atau berkontribusi sebesar 50,3%. (3) Lingkungan Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,169 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,180 atau hanya berkontribusi sebesar 18,0%. (4) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,103 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,519 atau berkontribusi sebesar 51,9%. Muarif Mahmud Suhada ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/194 Sun, 05 Jan 2020 10:46:37 +0000 STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/195 Mengkaji strategi pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo merupakan salah satu dari lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Terletak di desa yang jauh dari akses umum, tetapi mampu bersaing dengan lembaga pendidikan dasar lain. Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo mulai tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, mengalami peningkatan jumlah peserta didik secara terus menerus, sering memperoleh kejuaraan lomba, dan mampu meningkatkan saran prasarana pendidikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah segmentation pemasaran madrasah, targetting pemasaran madrasah, dan positioning pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentation pemasaran madrasah, targeting pemasaran madrasah, dan positioning pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan hasil data akhir yang berupa uraian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Strategi Pemasaran Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, terdiri dari: (1) Segmentasi pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi: mengidentifikasi pasar, menentukan kebijakan segmentasi pasar, menetapkan tujuan segmentasi pasar, dan menentukan prosedur segmentasi pasar; (2) Targetting pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi: memilih segmentasi pasar yang akan menjadi target pemasaran, menentukan strategi targeting pemasaran, dan melaksanakan strategi targetting pemasaran; dan (3) Positioning pemasaran madrasah di MI Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo yang meliputi menentukan strategi positioning, mengimplementasikan strategi dan mengevaluasi strategi positioning. Strategi pemasaran madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Imam Puro Sutoragan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo sudah dilaksanakan dengan baik, dan berhasil diterima dengan baik di benak pelanggan Kismiyati , ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/195 Sun, 05 Jan 2020 10:47:45 +0000 MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 1 PURWOREJO http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/196 Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan pembelajaran di MTs Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri I Purworejo, pada bulan Maret sampai Juni 2019. Subjek penelitian adalah Guru IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Adapun informan dalam penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran para guru MTs N I Purworejo membuat silabus, program tahunan, program semesteran, KKM, alokasi waktu, rencana pelaksanaan pembelajaran, program remidin dan pengayaan, serta kalender pendidikan. (2) Pelaksanaan pembelajaran para guru MTs Negeri I Purworejo meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir. melakukan pre test berupa tanya jawab, kuis, dan sebagainya. Pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, pendekatan dan media pembelajaran serta metode yang digunakan dapat memudahkan peserta didik untuk menangkap materi pelajaran. (3) Pengawasan pembelajaran MTs Negeri I Purworejo dilakukan oleh Kepala Madrasah. Kepala madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana prasarana. Sedangkan Pengawasan yang dilakukan oleh guru di antaranya adalah penataan ruang kelas, penataan peserta didik, penggunaan sumber belajar, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan sarana prasarana guna mendukung prestasi belajar. (4) Evaluasi pembelajaran oleh Kepala Madrasah dilakukan dengan supervisi, yang merupakan usaha yang dilakukan oleh kepala untuk membantu guru-guru agar semakin mampu mewujudkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Evaluasi pembelajaran juga dilakukan oleh para guru MTs N I Purworejo, dimana mereka melakukan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif, hal ini dilakukan melalui pre test, ulangan harian, UTS dan UAS. Selanjutnya, Pelaporan pembelajaran pada kompetensi manajerial kepala madrasah mendokumentasikan laporan kegiatan evaluasi (penilaian akhir semester dan ujian akhir), dan menyusun laporan pertanggung jawaban tertulis secara berkala (bulanan, semester dan tahunan). Sedangkan Pelaporan pembelajaran oleh guru didokumentasikan dalam rapor merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi antara madrasah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar siswa dalam kurun waktu tertentu. Sehingga rapor sebagai komunikatif, informatif dan komperhensif memberikan gambaran hasil belajar siswa. Setyowati , ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/196 Sun, 05 Jan 2020 10:49:02 +0000