PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Kholimatus Sa'diyah Nur Habibah IAINU Kebumen
  • Bahrun Ali Murtopo IAINU Kebumen
  • Maesaroh Maesaroh IAINU Kebumen
  • Muna Fauziah IAINU Kebumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Adapun yang menjadi subjeknya ialah tiga peserta didik dan tiga guru serta lokasi yang dipilih untuk dijadikan tempat penelitian yaitu MTs Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wewancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui kegiatan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar peserta didik dapat meningkat ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak dan fikih saat menggunakan multimedia pada proses pembelajarannya. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias peserta didik pada saat aktivitas belajar mengajar di ruang kelas, titik fokus peserta didik juh lebih tinggi yaitu setelah memperhatikan penjelasan dari guru, kemauan peserta didik untuk mencatat hal – hal baru yang dianggap sangat penting dan mudah memahami atau mencerna materi pembelajaran yang telah dipelajari.

Published
2022-06-15
How to Cite
Nur Habibah, K., Murtopo, B., Maesaroh, M., & Fauziah, M. (2022). PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.438
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3