Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan pembelajaran di MTs Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri I Purworejo, pada bulan Maret sampai Juni 2019. Subjek penelitian adalah Guru IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Adapun informan dalam penelitian adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran para guru MTs N I Purworejo membuat silabus, program tahunan, program semesteran, KKM, alokasi waktu, rencana pelaksanaan pembelajaran, program remidin dan pengayaan, serta kalender pendidikan. (2) Pelaksanaan pembelajaran para guru MTs Negeri I Purworejo meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir. melakukan pre test berupa tanya jawab, kuis, dan sebagainya. Pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, pendekatan dan media pembelajaran serta metode yang digunakan dapat memudahkan peserta didik untuk menangkap materi pelajaran. (3) Pengawasan pembelajaran MTs Negeri I Purworejo dilakukan oleh Kepala Madrasah. Kepala madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi madrasah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana prasarana. Sedangkan Pengawasan yang dilakukan oleh guru di antaranya adalah penataan ruang kelas, penataan peserta didik, penggunaan sumber belajar, penggunaan media pembelajaran dan penggunaan sarana prasarana guna mendukung prestasi belajar. (4) Evaluasi pembelajaran oleh Kepala Madrasah dilakukan dengan supervisi, yang merupakan usaha yang dilakukan oleh kepala untuk membantu guru-guru agar semakin mampu mewujudkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik. Evaluasi pembelajaran juga dilakukan oleh para guru MTs N I Purworejo, dimana mereka melakukan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif, hal ini dilakukan melalui pre test, ulangan harian, UTS dan UAS. Selanjutnya, Pelaporan pembelajaran pada kompetensi manajerial kepala madrasah mendokumentasikan laporan kegiatan evaluasi (penilaian akhir semester dan ujian akhir), dan menyusun laporan pertanggung jawaban tertulis secara berkala (bulanan, semester dan tahunan). Sedangkan Pelaporan pembelajaran oleh guru didokumentasikan dalam rapor merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi antara madrasah dengan orang tua peserta didik maupun dengan pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar siswa dalam kurun waktu tertentu. Sehingga rapor sebagai komunikatif, informatif dan komperhensif memberikan gambaran hasil belajar siswa.