Jurnal ini fokus pada kajian kritis Pendidikan Dasar dalam dinamika pembelajaran anak-anak di tingkat sekolah Madrasah Ibtidaiyah / sekolah dasar Islam). Selain itu fokus pada pengembangan studi masalah pendidikan dasar.

Jurnal Ibtida adalah Jurnal yang diterbitkan secara ilmiah yang diterbitkan P rodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAINU Kebumen Fakultas Tarbiyah . Redaksi menerima tulisan tentang kajian Pendidikan Dasar dalam artikel ilmiah, hasil penelitian. Panjang tulisan maksimal 20 halaman, minimal 15 halaman, font font spasi A4 A4 spasi, dikirim dalam bentuk  file format, doc. dengan  menyimpan Word 2007-3003 .

Manajer menyambut baik membantah dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, peneliti, profesional, dan mahasiswa dalam disiplin ilmu Pendidikan dasar untuk mendapatkan persetujuan melalui seleksi.

Tulisan dikirim ke www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/user/register atau ke Redaksi email redaksi jurnalibitida@gmail.com Redaksi berhak menyunting tanpa perlu menulis.