IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MAJELIS TAKLIM DARUNNAJAH DESA BEJIRUYUNG KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN

  • Akh. Kheroni KUA Kec. Rowokele, Kab. Kebumen)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi manajemen strategik pada Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen? (2) Bagaimana pelaksananan strategik pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen? (3) Bagaimana evaluasi strategik pada Lembaga Pendidikan Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen?

Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Perencanaan strategik Majelis Taklim Darunnajah Kebumen mencakup beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan visi, misi, dan tujuan, identifikasi faktor internal dan eksternal melalui teknik analisis SWOT, perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta menentukan strategi unggul dalam meningkatkan mutu pendidikan. Perencanaan strategik Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Sempor dilakukan secara kolektif oleh Ketua, pengurus, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pejabat desa; (2) Pelaksanaan manajemen strategik Majelis Taklim Darunnajah mencakup pada kegiatan yang dilakukan yaitu menentukan kebijakan organisasi, memotivasi pengurus dan jamaah, mengalokasikan sumber daya manusia, serta mengembangkan budaya organisasi. Hasil pelaksanaan manajemen strategik yang dihasilkan di Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Sempor yaitu meningkatnya kinerja sumber daya manusia, proses pelaksanaan program yang efektif, dan daya tarik masyarakat tinggi; (3) Evaluasi manajemen Majelis Taklim Darunnajah Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen yaitu memonitor seluruh hasil kegiatan dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategik, dan mengambil langkah perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-15
How to Cite
Kheroni, A. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MAJELIS TAKLIM DARUNNAJAH DESA BEJIRUYUNG KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 79-104. Retrieved from http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/247
Section
Articles