MENEJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTs NEGERI TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN

  • Ahmad Safingudin MTs Negeri 8 Kebumen

Abstract

Sarana prasarana merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu lulusan, Madrasah Tsanawiyah Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen dalam dua tahun terakhir ini sangat konsen terhadap pemenuhan sarana dan prasarana, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji dan membahas Perencanaan Menejemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan  di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen, (2) Menganalisi Pengorganisasian Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan  di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen. (3). Menganalisis dan Membahas Pengarahan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan  di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen. (4). Menganalisis Pengendalian Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan  di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen, pada bulan Mei sampai Oktober 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Waka Sarana Prasarana MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen. Adapun informan dalam penelitian adalah Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data dan Triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian diketahui bahwa Menejemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu lulusan di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen dilakukan dengan (1) Perencanaan Sarana dan Prasarana (Planing), yaitu rapat koordinasi madrasah, penetapan program madrasah, serta penetapan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. (2) Pengorganisasian Sarana dan Prasarana (Organizing) meliputi  pengaturan  struktur   organisasi  pengelola   sarana   dan  prasarana, pembagian tugas kerja/job deskripsi, pengaturan alat dan bahan praktek, serta pengaturan kegiatan praktek. (3) Pengarahan Sarana dan Prasarana (Actuating) berupa pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana. (4) Pengontrolan Sarana dan Prasarana (Controling) dilakukan dengan inventarisasi. Penggunaan sarana dan prasarana hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan agar diperoleh manfaat dari penggunaan tersebut. Seluruh warga madrasah hendaknya memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah agar tidak terbuang percuma hanya menjadi hiasan saja karena pada dasarnya semua fasilitas madrasah diadakan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada semua warga madrasah. Pemeliharaan sarana dan prasarana madrasah tidak hanya diserahkan pada petugas yang menanganinya saja tetapi sumbangsih atau proaktif semua warga madrasah juga diperlukan agar semua program yang direncanakan  dalam   pemeliharaan  madrasah  dapat   terealisasikan dengan baik demi kelangsungan proses pendidikan di madrasah.

Kata kunci: Manajemen, Sarana Prasarana, Mutu Lulusan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-06
How to Cite
Safingudin, A. (2020). MENEJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTs NEGERI TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 239-262. https://doi.org/10.12345/cakrawala.v4i1.220
Section
Articles