IMPLEMENTASI KONSEP MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi Kasus di MAN Purworejo)

  • Nur Chamidah SMP N 1 Purworejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sekolah Adiwiyata di MAN Purworejo yang mencakup 4 komponen program Adiwiyata, yaitu Kebijakan berwawasan lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informa penelitian ini adalah Tim Adiwiyata Sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Humas Sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa. Lokasi penelitian di MAN Purworejo Teknik pengumpulan data dengan triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan kebijakan berwawasan lingkungan sudah terlaksana dengan merubah visi misi yang mendukung pengelolaan lingkungan dan adanya alokasi dana untuk program Adiwiyata dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan sekolah, kurikulum berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan mengintegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran, kegiatan lingkungan bersifat partisipasif dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan baik yang diselenggarakan dari sekolah maupun instansi dan mengelola sarana ramah lingkungan dengan memanfaatkan Green House, ruang terbuka hijau dan halaman sekolah untuk pembelajaran. (2) Sekolah telah mengupayakan beberapa kegiatan yang melibatkan peserta didik dalam program Adiwiyata, antara lain melibatkan siswa dalam aksi lingkungan, dan workshop lingkungan hidup dan pelatihan daur ulang limbah. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya kerjasama dan kurangnya kesadaran para siswa terhadap kepedulian madrasah.

Kata Kunci: Sekolah Adiwiyata, Peningkatan Mutu Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-06
How to Cite
Chamidah, N. (2020). IMPLEMENTASI KONSEP MADRASAH BERWAWASAN LINGKUNGAN (Studi Kasus di MAN Purworejo). Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 165-187. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.217
Section
Articles