MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 02 PURWOREJO

  • Hodin , SMP Negeri 15 Purworejo

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 02 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan: (1) Otonomi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Purworejo dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sudah berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. (2) Partisipasi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu sekolah selalu melibatkan komite sekolah dalam merencanakan dan menetapkan kebijakan, komite sekolah pun berperan aktif dalam membantu penyelanggaraan pendidikan di sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung program, pengontrol, dan bahkan mediator. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat efektif dalam mengelola sarana prasarana yang ada dan bila ada yang kurang lengkap segera berusaha melengkapi agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal. (4) Tim kerja sekolah melaksanakan tugas sebagai tim pengembang sekolah yaitu dengan  memberikan masukan kepada sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, melaksanakan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan guru, membuat perencanaan pengembangan sekolah dan membuat laporan pelaksanaan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20
How to Cite
, H. (2020). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 02 PURWOREJO. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 51-68. https://doi.org/10.12345/cakrawala.v4i1.211
Section
Articles