MANAJEMEN MUTU SMK MA’ARIF NU 1 BENER PURWOREJO DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT

  • eliyanto ., Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Agus Muzamil SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen mutu sekolah. Sehubungan
dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Mutu SMK
Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Kepercayaan
Mayarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data
menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pegumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan empat
kesimpulan: (1) Perencanaan SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkan
mutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat yaitu: Pertama, Penetapan standar mutu,
yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Kedua, Pemetaan mutu, yang
didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah dan SNP (Standar Nasional Pendidikan).
Ketiga, Penyusunan rencana pemenuhan mutu. (2) Pelaksanaan SMK Maarif NU 1 Bener
Purworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kepercayaan masyarakat dilakukan
melalui pemenuhan Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan,
Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pembiayaan. Selanjutnya, seluruh komponen
sekolah juga memiliki komitmen tinggi dalam pelaksanaan pemenuhan mutu tersebut. (3)
Evaluasi SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dan
kepercayaan masyarakat dilakukan melalui Evaluasi Diri Sekolah. Pada tahap ini, sekolah
menyusun instrumen evaluasi kemudian membentuk tim pelaksana evaluasi. (4) Tindak
Lanjut SMK Maarif NU 1 Bener Purworejo dalam meningkatkan mutu pendidikan dan
kepercayaan masyarakat dilakukan sebagai suatu siklus yang berkelanjutan, yaitu melalui:
Corrective Action, tindakan perbaikan ini dilakukan jika hasilnya tidak mencapai apa yang
telah ditargetkan; dan Standardization Action, tindakan perbaikan ini dilakukan jika
hasilnya mencapai target yang telah diteta 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20
How to Cite
., eliyanto, & Muzamil, A. (2020). MANAJEMEN MUTU SMK MA’ARIF NU 1 BENER PURWOREJO DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.12345/cakrawala.v4i1.209
Section
Articles