METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS X MIPA MA MA’ARIF NU PITURUH

  • Faisal Faisal IAINU Kebumen
  • Moch Chodhiqul Unas IAINU Kebumen
  • Siti Fatimah IAINU Kebumen

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalama pembelajaran mufrodat melalui metode sorogan kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,observasi dan interview. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian terlihat bahwa metode sorogan di Kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat secara signifikan. Hal ini bisa dilihat dari hasil pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil pra tindakan terlihat bahwa sebanyak 67% belum mencapai ketuntasan dan hanya 33% telah mencapai tuntas. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan presentase ketuntasan yaitu sebanyak 53%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 87%.

Published
2022-06-30
How to Cite
Faisal, F., Unas, M., & Fatimah, S. (2022). METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS X MIPA MA MA’ARIF NU PITURUH. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 189-199. https://doi.org/10.33507/tarbi.v1i2.584
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>