Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak melalui metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Lokasi penelitian ini di MTs YMI Wonopringgo dengan Jumlah siswa 40 anak, 22 anak siswa putra dan 18 anak siswa putri. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket, hasil observasi tindakan, dan hasil evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecah soal-soal akidah akhlak semakin meningkat. Hal ini dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa melalui pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa pre test adalah 62,03, meningkat menjadi 67,55 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 76, 10 (post test siklus II). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, peningkatan prestasi belajar siswa juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Hal ini dapat diketahui dari hasil pre test dari 40 siswa yang mengikuti tes, ada 14 siswa yang tuntas belajar dan 26 siswa yang belum tuntas belajar dengan presentase ketuntasan belajar 35,00%. Pada post test siklus I meningkat menjadi 52,50% dengan 21 siswa tuntas dan 19 belum tuntas, dan meningkat lagi pada post test siklus II menjadi 80% dengan 32 siswa tuntas dan 8 belum tuntas.


Berdasar hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan siswa, meningkatkan aktivitas siswa,dan meningkatkan kerja sama siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok. Pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa tak mudah jenuh.