EVALUASI DIRI DAN PERENCANAAN KERJA PENDIDIKAN BAGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH/MADRASAH

  • Agus Salim Chamidi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: evaluasi diri, perencanaan kerja pendidikan

Abstract

Artikel ini membahas tentang evaluasi diri dan  perencanaan kerja pendidikan bagi sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah/madrasah, dan hubungan antara keduanya. Tujuannya adalah untuk menemukan hubungan antara evaluasi diri dan  perencanaan kerja pendidikan bagi upaya-upaya  peningkatan mutu  sekolah/madrasah. Pembahasan bersifat deskriptif-analitik  untuk memahami keduanya dan hubungan keduanya. Kesimpulannya adalah bahwa (1)proses evaluasi diri di sekolah/madrasah mutlak penting diselenggarakan untuk mengetahui posisi profil mutu sekolah/madrasah, untuk menyusun rekomendasi dan membuat skala prioritas, (2)perencanaan kerja pendidikan di sekolah/madrasah akan berlangsung sukses apabila berbasiskan evaluasi diri yang jelas, dan (3)suksesnya proses evaluasi diri menjadi  prasyarat suksesnya  perencanaan kerja pendidikan, dan semakin baik penyelenggaraan EDS/M dan perencanaan kerja pendidikan maka semakin jelas upaya peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah/madrasah. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-19
How to Cite
Chamidi, A. (2018). EVALUASI DIRI DAN PERENCANAAN KERJA PENDIDIKAN BAGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH/MADRASAH. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 1-39. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/66
Section
Articles