Abstract

Peran pondok pesantern dalam membina akhlak  sudah tidak terbantahkan lagi dengan  banyak sekali tantangan dan cobaan bagi kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang peran pondok pesantren dalam melakukan pembinaan pergaulan remaja di SMK Ma’arif 1 Kebumen.


Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian.


Penelitian akan  mencari peran pondok pesantren dalam pembinaan akhlak di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Diharapkan dari pembinaan terhadap remaja sebagai generasi penerus bangsa dapat melahirkan generasi yang baik. Generasi yang mampu mempertahankan nilai-nilai luhur akan tetapi bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa Indonesia dari fisik maupun spiritual.