Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan menganalisis technical skill  kepala sekolah  dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Purworejo, (2) mengetahui dan menganalisis human skill kepala sekolah dalam eningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo, (3) mengetahui dan menganalisis conseptual skill kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 9 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data utama adalah manusia dan hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan informannya adalah wakil kepala sekolah dan guru SMP Negeri 9 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan teknik (technical skill) kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo  dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan baik. Kemampuan teknik merupakan keterampilan dalam menggunakan pengetahuan, metode, teknik, dan perlengkapan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Kemampuan teknik meliputi aplikasi pengetahuan tentang cara pengelolaan kelas, pengunaan metode pengajaran, tehnik evaluasi siswa, tehnik pembuatan satuan acara pembelajaran, tehnik-tehnik pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, serta tehnik mengarahkan dan membina para guru di sekolah. (2) Kemampuan manusiawi (human skill) kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo  dalam meningkatkan kinerja  guru berjalan dengan baik. Kemampuan manusiawi merupakan  kemampuan kepala sekolah bekerja sama, berkomunikasi dengan personel sekolah dalam rangka menciptakan suasana saling percaya terhadap program sekolah dan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja guru. Diwujudkan dengan memberikan motivasi, kesempatan pengembangan diri,penghargaan, sikap kekeluargaan, komunikasi yang baik, dan dalam  mendelegasikan tugas. (3) Kemampuan konsep (conseptual skill)  kepala SMP Negeri 9 Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan kinerja guru sudah berjalan dengan baik. Kemampuan konsep berupa keterampilan kepala sekolah untuk menentukan strategi, merencanakan, merumuskan kebijakan, serta memutuskan suatu yang terjadi dalam organisasi termasuk sekolah sebagai lembaga pendidikan yang tercantum dalam visi, misi dan tujuan sekolah rencana kegiatan sekolah untuk jangka pendek dan jangka panjang.