Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru. Kepala madrasah melalui kepemimpinantransformasional diharapkan mampu meningkatkan kinerjaguru diĀ  MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo, khususnya perilaku transformatif dalam kepemimpinannya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo telah melaksanakan empat dimensi kepemimpinan transformasional. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yaitu: 1) Kepala Madrasah memberikan pengaruh yang ideal; 2) Kepala Madrasah memberikan motivasi yang memberikan inspirasi kepada guru dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo; 3) Kepala Madrasah memberikan rangsangan keilmuan kepada guru sehingga kinerja guru MA Al Iman Bulus Gebang Purworejo semakin meningkat; 4) Kepala Madrasah sebagai Pemimpin sangat memperhatikan individu gurusehingga kinerja guru MA Al-Iman Bulus Gebang Purworejo semakin meningkat.