Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya mutu pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen mutu pembelajaran di SD Kreatif Muhammadiyah Gombong Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika  berpikir  ilmiah.  Adapun  teknik  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, manajemen mutu pembelajaran di SD Kreatif Muhammadiyah Gombong dimulai dari: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru dengan penyusunan silabus, RPP, bahan ajar, dan alat evaluasi. (2) Pelaksanaan standar proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan mengimplementasikan standar isi dan seluruh rencana pembelajaran. (3) Evaluasi proses pembelajaran dilakukan meliputi: evaluasi perencanaan, proses pembelajaran, dan hasil belajar. (4) Tindak lanjut dari proses pembelajaran meliputi: tindak lanjut dan perbaikan penyusunan silabus, RPP, bahan ajar, dan alat evaluasi pembelajaran, serta tindak lanjut hasil pembelajaran.