Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya prestasi peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan media pembelajaran terhadap prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Purworejo, sedangkan sampel penelitian adalah sejumlah 66 orang guru dan 66 orang peserta didik SMA Negeri 1 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda.  


Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,387 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,012 atau hanya berkontribusi sebesar 1,2%. (2) Kinerja Guru memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,429 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,010 atau hanya berkontribusi sebesar 1,0%. (3) Media Pembelajaran memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,136 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,034 atau hanya berkontribusi sebesar 3,4%. (4) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Media Pembelajaran secara bersama-sama memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Prestasi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,201 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,071 atau hanya berkontribusi sebesar 7,1%.