Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs N
Triwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Metode yang digunakan
dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs N Triwarno Kecamatan Kutowinangun Kabupaten
Kebumen antara lain adalah metode ceramah, tanya jawab, membaca, pemberian tugas,
menulis, kerja kelompok, dan uswatun khasanah (keteladanan); (2) Hasil dari metode-metode
yang digunakan dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs N Triwarno Kecamatan
Kutowinangun Kabupaten Kebumen adalah efektif dan relevan dalam pelaksanaannya. Hal
ini dapat dibuktikan dan dilihat dari berbagai sisi, antara lain dapat dilihat dari tingkat
ketuntatasan pembelajaran yang baik, hal ini ditandai dari hasil ulangan harian siswa dan nilai
raport siswa yang memuaskan.