Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan.
Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap kinerja
guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru
MTs di Kabupaten Purworejo, sedangkan sampel penelitian yaitu guru MTs N 1 Purworejo:
44 orang, guru MTs An Nawawi Berjan Purworejo: 40 orang, dan guru MTs Al Iman Bulus
Purworejo: 58 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data
menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan
kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap Kinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α =
0,05. Adapun nilai thitung = 9,262, p = 0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,380 atau berkontribusi
sebesar 38,0%. (2) Kompetensi Pedagogik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
Kinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilai
thitung = 11,490, p = 0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,485 atau berkontribusi sebesar 48,5%. (3)
Motivasi Kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru MTs di
Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilai thitung = 10,622, p =
0,000, dan koefisien korelasi (r2) = 0,446 atau berkontribusi sebesar 44,6%. (4) Kepemimpinan
Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru MTs di Kabupaten Purworejo, terbukti dari nilai
Sig = 0,00 < α = 0,05. Adapun nilai Fhitung = 58,621, p = 0,000, dan koefisien korelasi (R2) = 0,560
atau berkontribusi sebesar 56,0%