MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN SPIRIT ENTREPRENEUR DI PONPES AL-IHYA ULUMADDIN 2 KEBONBARU CILACAP

  • Imam Satibi Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: Manajemen, Kewirausahaan, Pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis manajemen penguatan spirit entrepreneur di Ponpes Al-Ihya Ulumaddin 2 Kebonbaru Cilacap Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan model interaktif berupa pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Penguatan Spirit Entrepreneur Di Ponpes Al-Ihya Ulumaddin 2 Kebonbaru Cilacap Selatan; (2) Pengorganisasian Penguatan Spirit Entrepreneur Di Ponpes Al-Ihya Ulumaddin 2 Kebonbaru Cilacap Selatan dilakukan dengan membagi tugas personile beserta job deskripsinya; (3) Pengarahan Penguatan Spirit Entrepreneur Di Ponpes Al-Ihya Ulumaddin 2 Kebonbaru Cilacap Selatan dibagi menjadi ke dalam tiga bentuk, yakni Pelaksanaan secara teori, pelaksanaan secara praktek dan pelaksanaan secara incidental; dan (4) Pengawasan Pengarahan Penguatan Spirit Entrepreneur Di Ponpes AlIhya Ulumaddin 2 Kebonbaru Cilacap Selatan dilakukan dengan menentukan standar pelaksanaan program, penilaian program, dan perbaikan/solutif pelaksanaan program.

Kata Kunci: Manajemen, Kewirausahaan, Pesantren

References

DAFTAR PUSTAKA
Choiriyah, A. (2018). Manajemen pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Gowongan Genuk Ungaran Barat Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Istikomah, I. (2018). Pemberdayaan Kewirausahaan Pondok Pesantren Darussholihin Yayasan Tebu Ireng 12 di Tulang Bawang Barat (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Maslani, M., Suntiah, R., & Birnadi, S. (2013). Pendidikan Enterpreuneur melalui kemitraan antara Pesantren dengan Kemenperindag: Studi kasus usaha batu alam pada pondok pesantren Al-Hikmah bobos dukupuntang cirebon. Lembaga Penelitian.
Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).
Pratama, Y. M. S. (2019). implementasi manajemen pendidikan kewirausahaan di madrasah aliyah negeri 3 madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Purnamasari, N. I. (2016). Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Di Era Global; Paradoks Dan Relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 73-91.
Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.
Syuhud, A. F. (2011). Pendidikan Islam: Cara Mendidik Anak Saleh, Smart dan Pekerja Keras. A. Fatih Syuhud.
Published
2020-12-22
How to Cite
Satibi, I. (2020). MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN SPIRIT ENTREPRENEUR DI PONPES AL-IHYA ULUMADDIN 2 KEBONBARU CILACAP. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 43-52. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i2.356
Section
Articles