IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL ISTIQOMAH KEBUMEN

  • Imam Satibi Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muna Fauziah IAINU Kebumen
Keywords: POAC, implementasi, pembelajaran kooperatif, Kampung Arab Kebumen

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis manajemen pembelajaran kooperatif di Pondok Pesantren Al Istiqomah Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari observasi dan wawancara secara mendalam. Penelitian dilaksanakan di Pondol Pesantren Al Istiqomah, Tanjungsari, Petanahan, Kebumen. Subjek penelitian ini yaitu peserta kursus atau pelanggan Kampung Arab Kebumen. Data dianalisis melalui analisis interaktif. Urutan tahapannya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Penelitian menemukan hasil bahwa implementasi pembelajaran kooperatif di Kampung Arab Kebumen telah berlangsung baik dengan menekankan para peserta untuk berbicara dengan konsep biʻah lughawiyah atau lingkungan bahasa Arab dan metode langsung aṭ-Ṭarῑqah al-Mubāsyarah yang dipadukan dengan unsur-unsur budaya dan sosiolinguistik agar mampu beradaptasi dengan tutur bahasa Arab.  

References

DAFTAR PUSTAKA
Azis, S. A., Herdah, H., & Jufri, M. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab STAIN Parepare (Studi Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Serumpun). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(1), 81-102.
Maesaroh, N., & Achdiani, Y. (2017). Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern. Sosietas, 7(1), 346-352.
Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran Kosa Kata Untuk Mahasiswa Kelas Intensif Bahasa Arab: Vocabulary Teaching for Arabic Intensive Class. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(1), 13-24.
Nasrudin, M., Harun, H., Salim, A., & Dimyati, A. (2021). Strategi Epistimologis Implementasi Pendidikan Holistik Pada Pondok Pesantren. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(1), 69-84.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rakhmawati, T., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2012). Penggunaan model pembelajaran Scramble untuk peningkatan motivasi belajar IPA (fisika) pada siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 8-11.
Rochimah, D. C., Hanief, M., & Dina, L. N. A. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kota Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 74-81.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.
Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1-17.
Published
2020-12-22
How to Cite
Satibi, I., & Fauziah, M. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL ISTIQOMAH KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 36-42. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i2.355
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>