Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali sejauhmana kebutuhan
pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru di Kabupaten
Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode
pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penentuan sampel
digunakan metode purposive. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat
kesimpulan yang mendorong perlunya pengembanagn instrumen, yaitu (1)
Ditemukannya dua permasalahan besar yaitu belum mampunya sebagain guru
untuk menjadi role model bagi murid, serta komitmen guru dalam menjalankan
tugas profesionalnya dinilai masih lemah. (2) Pengembangan instrumen penilaian
kompetensi kepribadian guru sangat mendesak untuk dilaksanakan (3) Sekolah
belum dapat melakukan penilaian kompetensi kepribadian guru yang sistamatis
dan terukur karena belum adanya instrumen penilaian yang direkomendasikan
oleh pemerintah. (4) Terdapat tiga komponen yang menjadi rekomendasi sebagai
indikator yang dinilai melalui instrumen tersebut, yaitu komitmen guru dalam
menjalani profesi, norma kesopanan, serta motivasi guru untuk membebaskan
siswa dari kebodohan. Pendekatan profetik sangat direkomendasikan sebagai
dasar dalam penyusunan instrumen kompetensi kepribadian guru.
Kata Kunci: Analisis kebutuhan, instrumen penilaian, kompetensi kepribadian
guru