EVALUASI PROGRAM UMKM DESA GO DIGITAL PADA KKN IAINU KEBUMEN ANGKATAN XXIII TAHUN AKADEMIK 2018/2019

  • Imam Subarkah, Mahasiswa Doktoral Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: pelaksanaan program, Discrepancy model

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk
mengevaluasi pelaksanaan program UMKM Desa Go Digital sebagai salah satu
program dalam KKN IAINU Kebumen Angkatan XXIII. Model evaluasi yang
digunakan adalah discrepancy evaluation model, Provus. Populasi penelitian
ini adalah Pelaku usaha di kecamatan Ambal, kecamatan Buluspesantren
dan Kecamatan Klirong yang mengikuti program tersebut. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis kuantitatif yang dilakukan, diketahui aspek kesesuain
dengan pedoman KKN memperlihatkan rata-rata total skor capaian 89.52
dengan kesenjangan (discrepancy) mencapai 10.48, aspek keterlaksaan
rencana tindak lanjut memperlihatkan rata-rata total skor capaian 91.62
dengan kesenjangan (discrepancy) mencapai 8,38 sedangkan aspek ketercapain
tujuan program memperlihatkan rata-rata total skor capaian 68.145 dengan
kesenjangan (discrepancy) mencapai 31.855 sehingga dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan program UMKM Desa Go Digital KKN IAINU kebumen pada aspek
kesesuaian rencana tindak lanjut dengan pedoman KKN, aspek keterlaksanaan
rencana tindak lanjut dan aspek ketercapain progaram telah tercapai dengan
krite- ria “Sangat Efektif”. Selanjutnya, diketahui bahwa terdapat lima faktor
pendukung. Dan sembilan faktor penghambat

References

Buku Panduan KKN Angkatan XXIII IAINU Kebumen Tahun Akademik
2018/2019
Lantip Diat Prasojo, Fredrik Abia Kande, Amirul Mukminin. Evaluasi
Pelaksanaan Standar Proses Pendidikan Pada Smp Negeri Di
Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Volume 22, No 1, June 2018 (61-69)
An-Nidzam Vol. 6 No. 1, Januari-Juni 2019
66
Provus M. (1969). The Discrepancy Evaluation model an approach to Local
Program Improvement and Development. Pensylvania; PittsburgPubloc
School
Provus, M. (1969). The discrepancy evaluation model an approach to local
program improvement and development. Pensylvania: PittsburgPublic
School.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R & D. Bandung: AlFabeta
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Susanti Murwitaningsih. Evaluasi Program Siaran Pendidikan Interaktif
Televisi Edukasi Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Evaluasi Pendidikan Volume
7, Nomor 1, Maret 2016
Published
2019-06-05
How to Cite
Subarkah, I. (2019). EVALUASI PROGRAM UMKM DESA GO DIGITAL PADA KKN IAINU KEBUMEN ANGKATAN XXIII TAHUN AKADEMIK 2018/2019. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 53-66. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v6i1.182
Section
Articles