Abstract

Kurikulum 2013 di lembaga pendidikan bertujuan untuk memandu sekolah
dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Implementasi Kurikulum 2013 di
lembaga pendidikan menitik beratkan pada penggunaan pendekatan saintifik,
penilaian autentik dan tematik integratif dengan harapan akan terlahir peserta
didik yang kritis sekaligus kreatif yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Namun terdapat beberapa kendala strategis dalam implementasi 2013. Kendala
strategis itu juga dialami MI al-Ittihaad Pasir Kidul. Adapun kendala yang
muncul, seperti; minimnya kualitas sumber daya manusia sebagai pelaksana
Kurikulum 2013, minimnya sumber belajar Kurikulum 2013, dan minimnya
kompetensi guru dalam menyusun administrasi pembelajaran berdasar
Kurikulum 2013. Olehkarenanya, pengabdian kepada masyarakat berbasis
riset dalam bingkai pendampingan perlu diselenggarakan untuk membantu
sekolah atau lembaga pendidikan dimaksud. Metode yang diaplikasikan dalam
pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI al-Ittihad yaitu; Focus Grup
Discussion (FGD), belajar mandiri, ceramah dan diskusi. Adapun hasil yang
dicapai dari pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di MI al-Ittihaad
ialah guru menguasai dan dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 di
MI al-Ittihaad Pasir Kidul. Indikator pencapaiannya adalah para guru dapat
menyusun dokumen implementasi Kurikulum 2013 dan dapat melaksanakan
pembelajaran sesuai perencanaan, sesuai proses dan sesuai hasil yang tertuang
pada Kurikulum 2013