STRATEGI PENANGANAN KONFLIK OLEH KYAI DI PESANTREN

  • Siti Chaizatul Munasiroh Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: Manajemen konflik pesantren, Penguatan ESQ, Kultur Pesantren

Abstract

Konflik yang merupakan komponen kehidupan akan senantiasa menjadi
pembahasan dinamis dan tidak akan pernah mati. Konflik muncul disebabkan
oleh banyak faktor, seperti manusia, struktur dan komunikasi. Konflik pun
dapat berdampak positif dan negatif. Hal ini tergantung pada pengelolaan
konflik yang dilakukan. Mengetahui fakta konflik yang akan senantiasa
menyertai, maka hal yang terpenting untuk dilakukan adalah mempersiapkan
cara-cara untuk mengatasi terjadinya konflik agar keberadaan konflik dapat
menjadi energi yang dahsyat dan dapat dijadikan alat untuk melakukan
perubahan, bukan sebaliknya malah menurunkan kinerja atau menimbulkan
dampak destruktif lainnya.
Sehubungan dengan itu, kyai selaku pimpinan pesantren bertanggung
jawab untuk dapat menentukan langkah-langkah preventif dan kuratif yang
tepat untuk dilakukan. Dalam paper ini penulis berusaha memaparkan tentang
strategi penanganan konflik yang dapat dilakukan oleh kyai supaya tercapai
penyelesaian yang tuntas. Penulis membagi upaya penyelesaian ini dalam dua
ranah, yakni melalui upaya prefentif dan upaya kuratif. Dalam upaya prefentif
penguatan ES Q melalui kultur pesantren, yang terpresentasikan dalam kegiatan
mujahadah, istighosah, haul, silaturrahmi, dan perkawinan antara keluarga
pesantren menjadi kunci utama. Adapun upaya kuratif yang dapat diaplikasikan
dalam penanganan konflik oleh kyai, penulis menjabarkan dalam lima strategi.
Yakni al-tabayun (klarifikasi), al-syura (musyawarah), tahkim (upaya mediasi),
al-ishlah (berdamai), sikap al-‘afwu (saling memafkan).

References

Aijudin, Anas dan Ida Hamidah, Pesantren Dan Mediasi Konflik Keagamaan:
Studi Kasus Pondok Pesantren Al Muayyad Windan Surakarta, Pusat
Studi Agama dan Perdamaian (PSAP) Surakarta, Kemenag Karanganyar,
Jawa Tengah, Indonesia,Vol. 11, No. 1, Februari 2017.
Ary Ginanjar, Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan
Spiritual (ESQ) , Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2004
Bashori, Manajemen Konflik Di Tengah Dinamika Pondok Pesantren Dan
Madrasah, STAI Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian: Muslim Heritage,
Vol. 1, No. 2, November 2016 – April 2017.
Dakir & Sardimi, Pendidikan Islam & ESQ: Komparasi- Integratif Upaya Menuju
Stadium Insan Kamil, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011.
Dhofier, Zamakhasyari., Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES , 2011.
Fahmi, Irham, Manajemen: Teori kasus dan solusi, Bandung: Alfabeta, 2014.
Farchan, Hamdan dan Syarifuddin, Titik tengkar Pesantren Resolusi Konflik
Masyarakat Pesantren,Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.
Fathurrohman, Sulistyorini dan Muhammad, Esensi Manajemen Pendidikan
Islam Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Islam, , Yogyakarta: Teras, 2014.
Goleman, Daniel, Eemotional Intelegence, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
2002.
Handoko, Tani, Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 2011.
Hanson, E. Mark, Educational Administration and Organizational Behavior,
Boston: Allyn and Bacon, 1990
K. Davis, Human Behavior At Work: Organizational Behavior, New York: Mc
Graw-Hill, Inc. , 19871
K. Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada,
1994
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Dan Tafsirnya, Jakarta: Kementerian Agama
RI, 2010.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Bandung: SYGMA
Publishing, 2011.
An-Nidzam Vol. 5 No. 2, Juli-Desember 2018
18
Khusnurdilo, Sulthon Masyhud & Moh. , Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta:
Diva Pustaka, 2005.
Ma’arif, Syamsul, Pesantren Inklusif Berbasis Kearifan Lokal, Yogyakarta:
Kaukaba Dipantara, 2015.
Mantu, Rahman, Bina-Damai Dalam Komunitas Pesantren: Sebuah Upaya
Counter-Radikalisme, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
Yogyakarta: Walisongo, Volume 23, Nomor 1, Mei 2015.
Muliati, Indah, Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Menurut Perspektif
Islam,Universitas Negeri Padang: TINGKAP, Vol. XII No. 1 Th. 2016.
Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Semarang: Pustaka Rizki
Putra, 2007.
Owens, Robert G., Organizational Behaviour in Education, Boston: Allyn and
Bacon, 1991.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa
Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta: Erlangga, 2007) , hlm.
237-238
R. Dubin, Human Relation in Administration, (New Jersey: Englewood Cliff
Prentice-Hill, Inc. , 1981
Rahim, Afzalur, Managing Conflct in Organatization, NewYork: Praeger,1986.
Tamam, Baddrut, Pesantren Nalar Dan Tradisi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2015.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional Bab 6 Pasal 15
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teorit
Published
2018-10-31
How to Cite
Munasiroh, S. (2018). STRATEGI PENANGANAN KONFLIK OLEH KYAI DI PESANTREN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 1-18. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i2.170
Section
Articles