MANFAAT MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MAHASISWA

(STUDI KASUS DI FEB UNSOED TAHUN AKADEMIK 2015–2016)

  • Karsidi . Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Kuntarto . Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: Mentoring Pendidikan Agama Islam, manfaat bagi para peserta dan bagi para tentor

Abstract

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya
di Universitas Jenderal Soedirman pada umumnya, hanya diselenggarakan selama
1 (satu) semester dengan maksimal pertemuan (tatap muka) 14 (empat belas) kali
kuliah dan bobotnya 2 (dua) SKS serta durasi tatap muka per-SKS = 50 menit
(berarti 2 SKS = 100 menit). Mengingat dan menimbang terbatasnya waktu yang
tersedia seperti tersebut di atas, maka timbul gagasan untuk menambah kegiatan
untuk menambah wawasan pengetahuan tentang ajaran agama Islam yang kemudian
lebih dikenal dengan sebutan “Mentoring” Kegiatan mentoring ini tak jauh berbeda
dengan kegiatan belajar kelompok, Cuma di kegiatan mentoring ini ada seseorang
pemandu yang sekaligus sebagai nara sumber dan di samping itu ada ujian mentoring
untuk mengukur keberhasilan para mahasiswa sebagai peserta. Nilai ujian mentoring
diserahkan ke dosen pengampu Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan dihargai
sebagai pengganti nilai tugas terstruktur yang bobotnya 20%. Kegiatan mentoring
benar-benar dirasakan bermanfaat baik bagi para mahasiswa sebagai peserta maupun
bagi para mahasiswa yang berperan sebagai tentor karena kegiatan mentoring ini
dapat dijadikan sebagai media berlatih untuk meningkatkan kemampuan diri dan
kepemimpinan.

References

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan
Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Az-Zahida, Wida. 2009. Mentoring Fun. Surakarta : Afra Publishing.
Daradjat, Zakiyah, dkk. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Hedi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.
LSO Mentoring UKKI UNSOED. 2008. Buku Panduan Tentor Menjadi
Muslim Dahsyat dengan Cahaya Al-Qur’an.
Lubis, Satria Hadi. 2006. Buku Pintnar Mengelola Halaqah Solusi Praktis
Mengelola Pengajian Kelompok, Ta’lim, Usroh dan Mentoring. Jakarta
: FBA Press.
Manfaat Mentoring Pendidikan Agama Islam ...
29
Ruswandi, Muhammad, dan Rama Adeyasa. 2007. Manajemen Mentoring.
Bandung : Syaamil Cipta Media.
DARI INTERNET:
http://www.forkomalims.com/all//mentoring.html . Diakses tanggal 12 April
2017
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2005: 132Diakses tanggal 12 April 2017
http://home.att.net/ ~nickols/mentor.html. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.digilib.ui.sc.id/opsc/themes/libri2/ Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.kementerian pengajiantinggimataysia.org/
coachingandmentoring.pdf. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.Melissainsntute.org/documents/ TMI MentoringReport5l-2.pdf
Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.melissainstitute.org/documents/TMIMentoring Report 51-2.pdf
Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.mentoringusm.com
http://www.mentormichigan.org
http://www.opm.gov/hrd/lead/bestpractices-mentoring.pdf
http://www.PPSDMS.co.id. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.slideshare.net/robbycha/buku-mentoring-rc-secfinale-n-dit
resentation
http://www.principalspartnership.com/
Published
2018-07-29
How to Cite
., K., & ., K. (2018). MANFAAT MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MAHASISWA. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 1-29. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i1.169
Section
Articles