MANFAAT MENTORING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MAHASISWA
(STUDI KASUS DI FEB UNSOED TAHUN AKADEMIK 2015–2016)
Abstract
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya
di Universitas Jenderal Soedirman pada umumnya, hanya diselenggarakan selama
1 (satu) semester dengan maksimal pertemuan (tatap muka) 14 (empat belas) kali
kuliah dan bobotnya 2 (dua) SKS serta durasi tatap muka per-SKS = 50 menit
(berarti 2 SKS = 100 menit). Mengingat dan menimbang terbatasnya waktu yang
tersedia seperti tersebut di atas, maka timbul gagasan untuk menambah kegiatan
untuk menambah wawasan pengetahuan tentang ajaran agama Islam yang kemudian
lebih dikenal dengan sebutan “Mentoring” Kegiatan mentoring ini tak jauh berbeda
dengan kegiatan belajar kelompok, Cuma di kegiatan mentoring ini ada seseorang
pemandu yang sekaligus sebagai nara sumber dan di samping itu ada ujian mentoring
untuk mengukur keberhasilan para mahasiswa sebagai peserta. Nilai ujian mentoring
diserahkan ke dosen pengampu Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan dihargai
sebagai pengganti nilai tugas terstruktur yang bobotnya 20%. Kegiatan mentoring
benar-benar dirasakan bermanfaat baik bagi para mahasiswa sebagai peserta maupun
bagi para mahasiswa yang berperan sebagai tentor karena kegiatan mentoring ini
dapat dijadikan sebagai media berlatih untuk meningkatkan kemampuan diri dan
kepemimpinan.
References
Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Az-Zahida, Wida. 2009. Mentoring Fun. Surakarta : Afra Publishing.
Daradjat, Zakiyah, dkk. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Hedi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.
LSO Mentoring UKKI UNSOED. 2008. Buku Panduan Tentor Menjadi
Muslim Dahsyat dengan Cahaya Al-Qur’an.
Lubis, Satria Hadi. 2006. Buku Pintnar Mengelola Halaqah Solusi Praktis
Mengelola Pengajian Kelompok, Ta’lim, Usroh dan Mentoring. Jakarta
: FBA Press.
Manfaat Mentoring Pendidikan Agama Islam ...
29
Ruswandi, Muhammad, dan Rama Adeyasa. 2007. Manajemen Mentoring.
Bandung : Syaamil Cipta Media.
DARI INTERNET:
http://www.forkomalims.com/all//mentoring.html . Diakses tanggal 12 April
2017
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2005: 132Diakses tanggal 12 April 2017
http://home.att.net/ ~nickols/mentor.html. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.digilib.ui.sc.id/opsc/themes/libri2/ Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.kementerian pengajiantinggimataysia.org/
coachingandmentoring.pdf. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.Melissainsntute.org/documents/ TMI MentoringReport5l-2.pdf
Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.melissainstitute.org/documents/TMIMentoring Report 51-2.pdf
Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.mentoringusm.com
http://www.mentormichigan.org
http://www.opm.gov/hrd/lead/bestpractices-mentoring.pdf
http://www.PPSDMS.co.id. Diakses tanggal 12 April 2017
http://www.slideshare.net/robbycha/buku-mentoring-rc-secfinale-n-dit
resentation
http://www.principalspartnership.com/
Copyright (c) 2018 Karsidi ., Kuntarto .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).