Abstract

Dinamika pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perkembangan
yang signifikan. Indikasi terhadap anggapan ini didasarkan pada semakin
meningkatnya minat masyarakat muslim untuk memilih lembaga - lembaga
pendidikan Islam. Selain itu, semakin bertambahnya jumlah sekolah Islam,
asarama pendidikan Islam, dan juga fakultas ilmu pendidikan Islam yang
tersebar ke seluruh penjuru negeri ini. Modernisasi pendidikan Islam harus
dilakukan berdasarkan kultur kesadaran Ilmiah. Kesadaran ilmiah dalam
pendidikan Islam tersebut dapat diwujudkan memahami urgensi filsafat
pendidikan Islam. Abdul Munir Mulkhan memiliki pemikiran tentang adanya
problem filosofis dalam pendidikan Islam yang harus segera dicari jalan
keluarnya. Penulisan buku-buku filsafat pendidikan Islam yang selama
ini dijadikan rujukan otoritatif untuk perkuliahan tidak disusun berdasar
pemikiran yang tumbuh dalam filsafat Islam, dan nihilnya abstaksi terhadap
praktik pendidikan yang hidup di kalangan masyarakat muslim dalam
merumuskan filsafat pendidikan Islam, merupakan dua masalah pokok
filosofis pendidikan Islam. Disaat kita ketahui bahwa pendidikan Islam adalah
cara terbaik dalam membentuk karakter. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
(FITK) memiliki tanggung jawan akademik menjamin kualitas pendidikan
Islam yang tetap selaras dengan pandangan Islam.