Abstract

Teknologi dan informasi memnerikan peranan penting dalam dunia pendidikan Islam
termasuk pesantren. Informasi merupakan satu-satunya sumber yang dibutuhkan
seorang pimpinan lembaga pendidikan. Informasi dapat diolah dari sumber lain
yang dipengaruhi oleh organisasi yang sangat kompleks dan perangkat komputer
yang dimiliki. Informasi dapat memperkuat kineija lembaga pendidikan, layaknya
Kinerja usaha lembaga bisnis. Informasi dapat digali melalui sumber-sumber yang
tersedia, seperti sumber daya manusia, material, alat, biaya yang dibutuhkan, serta
data yang akan diolah. Dalam hal ini, penerapan sistem informasi manajemen
pendidikan memiliki kapabilitas dalam mendukung keberhasilan dunia pendidikan
saat ini. Beberapa fungsi dan tugas pokok kepemimpinan dalam konteks adalah
menyatupadukan orang-orang yang berbeda-beda motivasinya itu dengan motivasi
yang sama, mengusahakan suatu kelompok dinamis secara sadar, menciptakan suatu
lingkungan dimana terdapat integrasi antara individu dan kelompok dengan lembaga
pendidikan, memberikan inspirasi dan mendorong anggota-anggotanya bekerja
seefektif mungkin, dan menumbuhkan kesadaran pendidikan yang senantiasa
mengalami perubahan yang dinamis dan mengusahakan agar orang-orang yang
dipimpinnya itu dapat menyesuaikan dengan perubahan situasi. Artikel ini membahas
tentang pola pengembangan tersebut berbasis teknologi, komunikasi, dan informasi.