KONSEP TARGHIB DAN TARHIB DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

  • Benny Kurniawan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: targhib, tarhib, behavioristik, pendidikan

Abstract

Tulisan ini membahas tentang konsep imbalan dan ancaman atau targhib dan
tarhibsebagaimana ayat-ayat al Qur’an sebagian memuat pernyataan-pernyataan yang
bersifat menjanjikan imbalan atau hadiah dan bersifat mengancam atau memberi
hukuman. Dalam teori pembelajaran behavioristik, pemberian hadiah dan hukuman
disebut sebagai bagian dari faktor yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran.
Hasil dari tulisan ini menemukan bahwa konsep targhib dan tarhib dalam teori
belajar behavioristik diposisikan sebagai stimulus atau rangsangan yang memberikan
pengaruh terhadap motivasi pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. Namun ada sisi perbedaan antara konsep targhib dan tarhid dengan
kajian teori behavioristik. Jika teori behavioristik hanya merupakan kajian ilmiah
terhadap perilaku yang bersifat observabledan capaian tujuan pembelajarannya hanya
bersifat duniawi. Berbeda dengan itu, nilai-nilai yang terkandung dalam pernyataan
imbalan (targhib) dan ancaman (tarhib) mempunyai konsekwensi keimanan terhadap
kebenaran yang bersifat non observable yaitu mengenai realitas akhirat sebagaimana
sebagian besar merupakan isi dari pernyataan targhib dan tarhib.

Published
2016-06-30
How to Cite
Kurniawan, B. (2016). KONSEP TARGHIB DAN TARHIB DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 101-116. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i1.11
Section
Articles